Panduan Cara Bermain League Of Legends: Wild Rift, Cocok untuk Pemula

Panduan Cara Bermain League Of Legends: Wild Rift, Cocok untuk Pemula

League of Legends: Wild Rift adalah game MOBA terbaru keluaran RIOT Games untuk perangkat mobile. Salah satu game yang ditunggu-tunggu oleh para pemain esports. League of Legends: Wild Rift merupakan spin-off untuk perangkat mobile dari game MOBA populer garapan Riot Games – League of Legends.

Meski pada mulanya tampak mirip seperti game-game MOBA mobile lainnya seperti Mobile Legends: Bang-Bang, Wild Rift mempunyai beberapa perbedaan dari game MOBA mobile lainnya. Untuk kamu yang baru pertama kali men-download game ini, berikut kami berikan beberapa panduan untuk kamu yang masih pemula agar bisa memainkan game ini. Simak penjelasan berikut ini.

Panduan Cara Bermain League Of Legends: Wild Rift, Cocok untuk Pemula

Cara download dan login

Sebelum masuk ke topik utama, kamu bisa mendownload Wild Rift secara langsung dan gratis melalui Google Play Store khusus untuk pengguna Andorid dan App Store khusus untuk pengguna iOS. Untuk saat ini, total kapasitas game Wild Rift mencapai 2,2 GB masih lebih kceil jika dibandingkan dengan game MOBA lainnya. Setalh mendownload game ini, terdapat tigas pilihan untuk login akun yaitu dengan menggunakan Google Play, Facebook, dan Riot. Kamu bisa memilih salah satu pilihan atau membuat akun terlebih dahulu jika belum memilikinya dan utamakan pilih yang akun Riot.

1. League of Legends dengan sedikit penyesuaian

Wild Rift pada dasarnya adalah LoL namun khusus untuk platform mobile. Segala sesuatu hal yang dimulai dari kemampuan hero hingga map yang sama (inhibitor dan minus dua menara Nexus). Untuk penyesuaian lain yang dilakukan oleh Riot pada Wild Rift ialah peta yang kini dirotasi. Untuk dapat memastikan bahwa permainan ini berjalan dengan adil, Riot memutuskan untuk melakukan mirroring pada peta pemain di tim merah.

Artinya, lane “atas” dan “bawah” akan di balik, tergantung pemain berada di tim yang mana. Supaya para pemain tidak bingung, maka di setiap awal permainan akan muncul sebuah pop up untuk memberitahukan pemain lane yang mana yang atas dan yang bawah.

2. Memilih Champion

Riot memberikan Wild Rift dengan jumlah lebih dari 40 Champion. Champion ini sebutan lain untuk hero pada Wild Rift, termasuk Ahri, Jinx, Master Yi, Lux, dan juga Sona. Class pada Champion ini terdiri atas Fighter, Tank, Mage, Assassin, Support dan Marksman, yang melengkapi berbagai roles di dalam permainan.

Jika kamu ingin bisa mendominasikan permainan agar bisa menang, gunakan Champion dengan class yang cocok dengan gaya kamu bermain. Ambillah gaya preferensi kamu dari pengalaman kamu seperti bermain game MOBA lain seperti AOV, MLBB, atau League of Legends itu sendiri.

3. Roles dan Lane

Roles yang diusung Wild Rift ini sama seperti League of Legends, yang mana terdapat lima roles yang berbeda Top, Mid, ADC, Support dan Jungler – tergantung lane mana yang akan pemain tuju.

Dragon Lane ditujukan untuk Champion dengan roles Attack Damage Carry (ADC) dan Support. ADC merupakan carry utama yang ada dalam tim yang umumnya Marksman. Sementara untuk Support, biasanya Tank atau Merge yang akan memberi buff atau melindungi ADC. Selain itu juga, Support bisa menjadi inisiator dalam pertarungan antar tim.

Untuk Mid Line sendiri tidak begitu spesifik dalam jenis Champion, di mana semua jenis Champion terutama Mage, Assassin dan Fighter bisa menuju ke lane ini. Biasanya Mid Lane ini bisa digunakan untuk membuka peta bagi pemain lain, memaksimalkan skill, mendorong turret dan menghabisi Dragon serta Baron.

Untuk Baron Lane umumnya berisi Champion dengan jenis Tank yang mempunyai statistik defensif dan damage yang baik. Berbeda dari dua lane sebelumnya, biasanya Baron Lane diisi hanya dengan satu pemain saja yang tidak berkeliling ke arena lain. Namun jika sewaktu-waktu dibutuhkan, bisa membantu mengamankan sasaran dan penyerangan seperti Rift Herald dan Baron.

Untuk Champion yang terakhir ialah Jungler, ini yang jadi role paling unik di Wild Rift. Jungler biasanya “berburu” sumber daya di area hutan pada map dan peran utamanya ialah melakukan serangan secara tiba-tiba atau mendadak dan mengamankan tiga hal terpenting yakni Elemental Dragon, Herald dan Baron.

4. Mekanisme Last Hit

Mekanisme Last Hit sama seperti dua game MOBA populer lainnya yakni MLBB dan Arena of Valor. Bagi pemain MOBA PC, Wild Rift akan terasa sangat mudah karena target last hit akan secara otomatis terkunci ke minion atau Champion musuh dengan darah yang paling rendah.

Hal yang sama juga berlaku saat mengeluarkan skill dan para pemain akan mengarahkannya secara manual seperti yang ada di Mobile Legends. Selain itu, Wild Rift juga lebih cepat karena skill ultimate Champion akan terbuka pada level 5 atau di level 6 seperti yang ada di LoL atau DotA 2. Perubahan ini yang akan memungkinkan top atau jungle dan mid-laner agar bisa berkeliling lebih awal dan menemukan pertarungan di sepanjang map.

5. Item dan Rune

Tidak seperti game MOBA lainnya, di Wild Rift, pemain harus kembali ke base jika ingin membeli item kembali. Sistem ini yang membuat pergerakan membeli item lebih taktis karena pemain harus tetap berada dan memperhatikan minion yang sedang menyerang ketika ingin membeli item di base.

Selanjutnya, berbeda dengan pendekatan Emblem di Mobile Legends, Rune di Wild Rift ini tersedia untuk para pemain yang bisa didaptkan secara cuma-cuma. Ini berguna agar permainan bisa lebih adil dengan semua pemain yang bisa mengakses atau pun menggunakan Rune yang sama.

Untuk setiap pemain akan diberikan empat rune masing-masing yang terdiri atas 1 Keystone, 1 Domination Rune, 1 Resolve Rune dan 1 Inspiration Rune. Rune tertentu akan bekerja maksimal bagi Champion tertentu. Jadi, pelajari berbagai macam Rune dan cari tahu mana yang terbaik untuk Champion kamu.

Baca juga: Turnamen Super Esports Series 2021 Menargetkan 5.000 Peserta, Digelar di 17 Kota

5 Champion Terbaik Wild Rift Dengan Meta Gameplay Terbaru September 2021

5 Champion Terbaik Wild Rift Dengan Meta Gameplay Terbaru September 2021

Nah di sini kakmi akan membahas beberapa champion terbaik yang bisa digunakan oleh pro-pemain yang dinilai mempunyai meta terbaik sehingga mampu memenangkan pertandingan dalam tim. Simak penjelasan berikut.

1. Kai’Sa

Champion satu ini dengan role basic Marksman dinilai sebagai champion yang sering digunakan dalam kompetisi resmi Wild Rift. Bahkan, Kai’Sa sendiri jadi salah satu dari 5 champion yang sering digunakan untuk kompetisi SEA Icon Series Indonesia Summer Season.

Champ yang satu ini memiliki segudang kombo yang sangat mematikan yang berguna untuk mendobrak nilai pertahanan dari lawan. Burst-damage yang dimilikinya juga mampu mendorong mundur musuh. Jika pilot yang menggunakannya lihai dalam hal poking, Kai’Sa bisa menjadi salah satu champ yang mampu memberikan kemenangan untuk tim.

2. Galio

Galio merupakan champion terbaru dengan basic role Tank dan Mage. Champ ini bisa digunakan untuk mengisi Mid atau bisa juga menjadi Support. Galio jadi salah satu champ yang sering digunakan karena memiliki beberapa skill yang berfungsi untuk membuka perlawanan musuh dan menyelamatkan teman dalam satu tim.

Skill 1 bernama Wins of War bisa digunakan untuk mencicil lawan karena memberikan serangan dengan dua arah yang bisa menjadi satu layaknya tornado. Skill 3 bernama Justice Punch yang bisa digunakan untuk maju menerjang ke arah lawan dan memberikan damage di sekitar area Galio berhenti. Setelah 3 detik, Galio akan mengambil acang-ancang untuk terjun bebas dan mendarat pada titik yang dituju. Musuh yang ada disekitarkan akan terlempar jauh hanya dalam hitungan 0,75 detik.

3. Ezreal

Champion Marksman lain yang biasa digunakan dalam kompetisi ini adalah Ezreal. Champion ini mempunyai kemampuan yang tidak bisa diremehkan. Terbukti, Ezreal digunakan sebanyak 30 kali dalam kompetisi SEA Icon Series Indonesia Summer Season. Win Rate yang ditorehkan juga lumayan bagus yakni 47% dan membuktikan bahwa Ezreal masih menjadi Laner terbaik dikelasnya.

4. Rammus

Champion dengan basic role Tank yang bernama Rammus ini, memiliki segudang kemampuan yang bisa digunakan untuk mendongkrak kemenangan untuk tim. Champ tersebut memiliki sejumlah kelebihan mulai dari mobilitas yang tinggi, punya skill crowd control (CC), Damage yang tergolong sakit, hingga bisa digunakan untuk mengisi Jungle. Kemampuan pasif rammus yang bernama Rolling Armordillo, mampu menambahkan movement speed saat berada diluar pertempuran.

Skill 1 yang bernama Powerball, mampu menambah movement speed Rammus dan memiliki Area-of-Effect yang berguna untuk membuka war. Skill 2 yang bernama Defensive Ball Curl, Rammus mampu menghasilkan 50% lebih banyak damage dan damage tersebut juga berlaku untuk musuk yang menyerang Rammus.

Soaring Slam, skill ultimate dari Rammus juga memiliki efek Aftershock selama 4 detik. Ultimate tersebut juga menerapkan efek slow kepada musuh yang berada di area damagenya hingga 60%. Dan yang terakhir ada Cemille.

Categories: League of Legends